Gambar Manusia Purba

Gambar Manusia Purba. Manusia telah hidup di bumi selama lebih dari 2,4 juta tahun lamanya. Dan selama itu pula manusia telah mengalami berbagi macam evolusi untuk mempertahankan spesiesnya dengan menyesuaikan segala perubahan alam di bumi ini.


Gambar Manusia Purba di Dunia


Manusia purba dipercaya merupakan nenek moyang dari manusia modern sekarang ini. Sepanjang jaman manusia selalu berkembang, ini karena mahluk hidup khususnya manusia dikaruniai kemampuan untuk berevolusi. Yaitu kemampuan untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan di sekitarnya. Proses evolusi tidak berlangsung dalam waktu yang sekejap saja, melainkan berlangsung secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang sangat lama. --Gambar Manusia Purba


Gambar Manusia Purba - Evolusi Manusia


Untuk mencapai tingkat yang sekarang ini saja manusia telah berevolusi selama jutaan tahun lamanya. Berbagai perkembangan telah dilalui oleh manusia dengan melewati berbagai jaman. Mulai dari jaman batu, jaman perunggu, dan berbagai jaman lainnya hingga akhir sampai dengan jaman sekarang ini. Evolusi ini terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama dan secara perlahan-lahan.

Manusia pada awalanya diyakini tidak bisa saling berkomunikasi dengan bahasa verbal atau berbicara dengan bahasa mulut, melainkan hanya dengan bahasa tubuh saja. Secara perlahan pada perkembangannya manusia mulai mengenal gambar dan simbol dimana ini juga kemudian dijadikan sebagai alat komunikasi, yaitu menggunakan gambar selain bahasa tubuh. Kemudia manusia mulai berevolusi dengan sangat pesat ketika mulai mengenal tulisan dan bahasa. Manusia mulai bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa dan tulisan yang baku.

Evolusi juga tidak terjadi hanya di bidang komunikasi saja, namun juga meliputi berbagai hal. Seperti misalnya dalam hal budaya, cara berpakaian, cara makan, cara mencari makanan, cara berjalan, dan lain sebagainya. --Gambar Manusia Purba


Gambar Manusia Purba - Spesies Manusia Purba


Manusia purba juga memiliki beberapa spesies seiring dengan perubahan evolusinya. Di bawah ini adalah gambar model manusia purba beserta dengan sedikit keterangannya. Karena manusia pada dasarnya telah menghuni bumi di segala penjuru, maka keberadaan manusia purba pun juga telah ada di berbagai belahan dunia.

Dan karena dipisahkan oleh jarak, maka ini membuat evolusi manusia purba pun juga tebentuk melalui proses alam yang berbeda, dan juga berdasar lingkungan yang berbeda. Ini membuat munculnya perbedaan jenis manusia di berbagai tempat. Ada banyak sekali spesies manusia purba di dunia ini, dan kesemuanya memilki ciri, bentuk, dan latar belakang yang berbeda pula.

Berikut ini ada beberapa gambar manusia purba menurut spesiesnya, berikut dengan keterangan latar belakangnya :

1. Homo Antecessor


Gambar Manusia Purba - Homo Antecessor
Model Homo antecessor macho II
Homo Antecessor diyakini sebagai jenis manusia purba yang paling tua keberadaannya. Para ahli percaya bahwa jenis manuasia purba ini pernah menghuni bumi kurang lebih 1,2 juta tahun silam sampai dengan kira-kira 800 ribu tahun silam.

Asal dari Homo Antecessor ini diperkirakan dari daratan Eropa. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya fosil tulang rahang Homo Antecessor di kawasan negara Spanyol yang diyakini berusia kurang lebih 800 ribu tahun.

Meskipun begitu masih ada banyak perdebatan mengenai asal usul dari spesies manusia ini khususnya mengenai latar belakang spesies yang juga diduga mirip dengan beberapa spesies lainnya yang juga ditemukan di benua Eropa. Namun asal usulnya yang bukan dari spesies yang sama dengan beberapa spesies lainnya juga diperkuat dengan temuan beberapa fosil Homo Antecessor yang sama di negara Spanyol.

Manusia purba ini diperkirakan memiliki perawakan yang cukup besar seperti orang Eropa pada umumnya. Tinggi badan Homo Antecessor diperkirakan sekitar 1,75 meter dengan berat badan rata-rata sekitar 90 kg, jadi cukup besar untuk ukuran manusia purba. Sedangkan fosil manusia purba Homo Antecessor ini untuk pertama kalinya diketemukan pada tahun 1997. --Gambar Manusia Purba


2. Homo Cepranensis

Spesies manusia purba yang kedua yaitu Homo Cepranensis. Jenis spesies manusia purba ini diperkirakan oleh para ahli memiliki masa hidup kurang lebih 900 ribu hingga 350 ribu tahun yang lalu. Spesies manusia purba yang satu ini untuk pertama kalinya diketemukan di tahun 1993. Tempat penemuannya adalah di sebuah daerah bernama Ceprano, yaitu sebuah kota di dekat kota Roma di negara Italia.

Bukti arkeologi yang memperkuat latar belakang Homo Cepranensis ini sangatlah minim. Tidak banyak sumber yang bisa ditemukan untuk menguak segala misteri dari jenis manusia purba ini. Namun para ahli bisa menyimpulkan bahwasannya spesies ini merupakan salah satu spesies manusia yang banyak menguasai daratan Eropa pada sekitar 500 ribu tahun lampau. --Gambar Manusia Purba


3. Homo Erectus


Gambar Manusia Purba - Homo Erectus
Gambar Manusia Purba - Model Homo Erectus
Bangsa Indonesia boleh berbangga karena ditemukannya beberapa fosil bersejarah dari Homo Erectus di wilayah Sangiran khususnya di kawasan pinggiran sungai Bengawan Solo. Ini karena jenis spesies manusia Homo Erectus ini memiliki peranan yang dianggap sangat penting dalam perkembangan evolusi manusia purba. Fosilnya pertama kali ditemukan pada tahun 1891.

Ini karena Homo Erectus dipercaya merupakan cikal bakal dari manusia modern yang berjalan tegak seperti sekarang ini. Memang masih ada banyak sekali perdebatan panjang mengenai asal muasal dari jenis spesies ini. Ada yang mengatakan bahwa jenis ini berasal dari daratan benua Afrika, namun ada pula yang berpendapat bahwa spesies ini berasal dari daerah Asia Tenggara seperti Indonesia dan juga Cina. hal ini diperkuat dengan temuan Homo Erectus di Sangiran Jawa tengah.

Namun melalui berbagai penelitian disimpulkan bahwa manusia purba Homo Erectus ini berasal dari daratan Afrika sekitar 2 juta tahun lampau, yang kemudian bermigrasi keluar dari Afrika dan menyebar ke beberapa penjuru bumi. Dan sebagian besar sampai ke daratan Cina dan Asia Tenggara hingga akhirnya berevolusi di beberapa kawasan Asia Tenggara. --Gambar Manusia Purba


4. Homo Ergaster


Gambar Manusia Purba - Homo Ergaster
Tengkorak Homo Ergaster
Jenis manusia purba selanjutnya yaitu spesies manusia purba Homo Ergaster. Jenis manusia purba ini diyakini oleh para ahli pernah menghuni bumi di sekitaran dataran benua Afrika Selatan dan Afrika Timur. Para ahli berpendapat bahwa masa hidup dari jenis spesies ini yaitu diantara 1,9 juta tahun lampau sampai dengan kurang lebih 1,4 juta tahun lampau.

Selain itu para ahli juga berpendapat jika jenis manusia purba yang satu ini masih ada hubungannya dengan Homo Erectus. Ini dikarenakan masih adanya banyak persamaan dari ciri-cirinya. Bisa jadi mereka memiliki asal usul yang sama atau masih satu keturunan.

Homo Ergaster sendiri meiliki ciri fisik yang cukup besar. Tinggi badan dari spesies manusia ini kurang lebih adalah rata-rata 190 centimeter.  Pertama kali ditemukan pada sekitar tahun 1975, dan arti dari namanya sendiri adalah "Manusia Pintar". --Gambar Manusia Purba


5. Homo Floresiensis


Gambar Manusia Purba - Homo Floresiensis
Model Homo Floresiensis
Satu lagi kebanggaan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan sejarah yaitu dengan ditemukannya beberapa fosil jenis manusia purba di kawasan Indonesia Timur khususnya di Pulau Flores. Untuk itulah kemudian jenis spesies manusia purba yang satu ini diberi nama dengan Homo Floresiensis.

Salah satu hal yang cukup membuat jenis manusia purba yang satu ini menarik untuk diteliti adalah karena bentuk fisiknya yang lain dari berbagai fosil manusia purba lainnya. Berdasar berbagai penemuan fosilnya para ahli berpendapat bahwa manusia purba Homo Floresiensis ini memiliki poetur tubuh yang sangat kecil. Rata-rata mereka mempunyai tinggi badan yang hanya sekitar 100 centimeter atau sekitar separuh dari tinggi badan manusia modern pada umumnya. Lalu mereka diperkirakan memiliki berat badan rata-rata kurang lebih 25 kilogram saja.

Karena bentuk fisik yang cukup mungil inilah banyak juga yang menyebut Homo Floresiensis dengan sebutan Hobbit atau manusia kerdil. Namun ternyata bentuk fisik yang kecil dan juga kepala yang kecil ini menimbulkan berbagai perdebatan di kalangan para peneliti. Ada sebagian dari mereka yang berpendapat bahwa ini adalah spesies yang sama dengan manusia modern (Homo Sapiensis), namun menderita penyakit otak sehingga kepala mereka mengecil. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa mereka ini jenis spesies manusia purba yang sama sekali berbeda.

Berdasarkan temuan yang ada di Indoneisa ini diperkirakan Homo Floresiensis merupakan salah satu spesies manusia purba yang mendiami Pulau Floreskurang lebih 100 ribu tahun silam hingga 10 ribu tahun silam. --Gambar Manusia Purba


6. Homo Gautengensis


Homo Gautengensis hidup di sekitar Afrika Selatan pada kurang lebih 2 juta tahun yang lalu sampai dengan 600 ribu tahun yang lalu. Pertama kali ditemukan pada tahun 2010. Dari hasil temuan fosil-fosilnya terlihat mereka memiliki tengkorang yang kesil namun rata-rata memiliki gigi yang cukup besar. Dari sini bisa disimpulkan bahwa jenis manusia purba ini merupakan manusia purba yang lebih banyak memakan tumbuh-tumbuhan

Spesies ini diperkirakan merupakan spesies manusia purba yang sangat primitif. Ukuran tubuh mereka sangat kecil sekitar 100 centimeter. Dan diyakini mereka banyak hidup di atas pohon seperti layaknya primata. Namun mereka akan berjalan dengan menggunakan kedua kakinya saat berada di daratan.

Selain itu melihat dari hasil temuan fisik, banyak yang berpendapat bahwa manusia purba jenis Homo Gautengensis ini masih sangat primitif sekali, dan mereka tidak dapat berkomunikasi dengan bahasa verbal. Dengan kata lain mereka belum memiliki kecerdasan untuk berbicara. --Gambar Manusia Purba


7. Homo Habilis


Gambar Manusia Purba - Homo Habilis
Model Homo Habilis
Spesies manusia purba yang juga diperkirakan merupakan nenek moyang manusia adalah Homo Habilis. Keyakinan yang sampai kini masih diperdebatkan ini muncul didasarkan pada banyaknya kemiripan dari bentuk fisik Homo Habilis dan manusia modern. Pada temuan fosilnya didapati bahwa ukuran tubuh mereka cukup kecil dan memiliki tangan yang panjang. Bentuk fisik ini membuat Homo Habilis terlihat hampir menyerupai kera.

Fosilnya menusia purba Homo Habilis pertama kali diketemukan di kawasan Afrika tepatnya di negara Tanzania kurang lebih di tahun 1960-an. Dengan memiliki kemampuan otak yang sangat minim, namun diyakini cukup pandai untuk membuat berbagai peralatan primitif dengan menggunakan bahan batuan.

Homo Habilis juga merupakan spesies manusia purba yang hidup di Afrika pada sekitar 2,5 juta tahun silam sampai dengan 1,8 juta tahun silam. Ukuran tinggi badannya sekitar 150 centimeter dengan berat badan antara 35 kilogram sampai dengan 55 kilogram. Bentuk tangan yang panjang menyerupai kera ini membuat Homo Habilis cukup cakap menggunakan tangannya untuk berbagai aktivitas. --gambar manusia purba


8. Homo Heidelbergensis


Gambar Manusia Purba - Homo Heidelbergensis
Model Homo Heidelbergensis
Spesies manusia purba yang oleh sebagian peneliti diyakini merupakan jenis yang pernah tinggal di bumi pada sekitar 600 ribu tahun lampau sampai dengan 350 ribu tahun lampau. Diyakini mereka tinggal di kawasan benuaAfrika sebelum bermigrasi ke Eropa. Hal ini diperkuat dengan adanya penemuan tulang fosil rahang di tahun 1907 di Jerman, yang kemudian juga dilanjutkan dengan diketemukannya beberapa fosil lainnya di Italia dan juga Yunani.

Dan tidak hanya berhenti sampai di situ, di kawasan Cina juga telah ditemukan fosil spesies ini. dan menariknya dari beberapa penemuan fosil tulang, diprediksi spesies ini merupakan jenis yang memiliki fisik yang lebih besar. Beberapa penemuan memperkirakan ada dari mereka yang memiliki tinggi badan hingga 2,13 meter, walaupun sebagian besar dari mereka memiliki tinggi badan sekitar 180 centimeter.

Dari beberapa temuan juga diperkirakan spesies ini cukup cerdas dan sudah lebih modern. Mereka mulai bisa membuat alat sederhana, kemudian mereka juga mulai bisa berkomunikasi dengan sesamanya walaupun hanya dalam beberapa bentuk suara sederhana saja. Dan diyakini juga mereka sudah mengenal pemakaman bagi kerabat yang meninggal. --Gambar Manusia Purba


9. Homo Neanderthalensis


Gambar Manusia Purba - Homo Neanderthalensis
Model Homo Neanderthalensis
Jenis manusia purba yang diyakini menghuni daratan Eropa pada sekitar 600 ribu tahun silam sampai dengan 350 ribu tahun silam adalah Homo Neanderthalensis. Spesies ini untuk pertama kalinya diketemukan di Jerman tepatnya di Lembah Neander pada tahun 1829. Tinggi badannya rata-rata sekitar 170 cm dengan berat badan sekitar 55 kg hingga 70 kg.

Para ahli berpendapat bahwa manusia ini sudah cukup pintar dengan adanya beberapa temuan yang berkaitan erat dengan peralatan yang menunjang kehidupan yang ditemukan para arkeolog. Spesies manusia purba jenis Homo Sapiens atau manusia modern yang kemudian mendiami daratan Eropa secara perlahan menggeser keberadaan spesies Homo Neanderthalensis ini.

Perkembangan dari Homo Sapiens sendiri yang sangat cepat diperkirakan juga menjadi salah satu penyebab punahnya Homo Neanderthalensis ini. Banyak juga ahli yang berpendapat bahwa mereka ini punah karena banyak dibunuh oleh Homo Sapiens. Kemudian banyak dari mereka yang mati atau meninggalkan Eropa. --Gambar Manusia Purba


10. Homo Rhodesiensis


Gambar Manusia Purba - Homo Rhodesiensis
Gambar Manusia Purba - Model Homo Rhodesiensis
Jenis spesies manusia purba yang hidup di sekitar 300 ribu tahun silam sampai dengan 120 ribu tahun silam adalah Homo Rhodesiensis. Spesies ini diberi nama sesuai dengan lokasi ditemukan fosilnya pada tahun 1921 yaitu di kawasan Rhodesia Utara.

Daearah ini berada di kawasan negara Zambia. Di tempat inilah diperkirakan spesies ini tinggal dan mendiami kawasan. Hanya sedikit catatan mengenai spesies manusia purba yang satu ini. --Gambar Manusia Purba


11. Homo Rudolfensis


Gambar Manusia Purba - Homo Rudolfensis
Tengkorak Homo Rudolfensis
Di sebuah area di negara Kenya tepatnya di sebuah kawasan danau yang dahulu dikenal dengan nama Danau Rudolf, sebuah penemuan bersejarah terjadi. sebuah fosil tengkorak dari manusia purba diangkat dari lokasi ini. Fosil sejarah ini kemudian setelah diteliti lalu disimpulakan bahwa usianya kurang lebih mencapai 1,9 juta tahun.

Penemuan inilah yang kemudian menjadikan titik awal sejarah mengenai spesies manusia purba Homo Rudolfensis. Dinamakan sesuai dengan tempat penemuannya pada tahun 1972.

Dan di lokasi inilah diyakini oleh para ahli tempat dimana spesies manusia purba Homo Rudolfensis dahulu berasal dan bermukim. Mereka pernah menghuni di daerah ini semenjak sekitar 1,9 juta tahun silam. --Gambar Manusia Purba


12. Homo Sapiens Idaltu


Homo Sapiens Idaltu merupakan spesies manusia purba yang ditemukan di daerah Ethiopia, yang diperkirakan hidup pada sekitar 160 ribu tahun yang lalu sampai dengan 150 ribu tahun yang lalu. Spesies ini ditemukan pertama kali di tahun 1997. --Gambar Manusia Purba


13. Homo Sapiens (Manusia Modern / Manusia Sekarang)


Homo Sapiens atau yang juga disebut sebagai manusia modern, yaitu spesies manusia purba yang paling modern dan merupakan cikal bakal dari jenis manusia sekarang. Spesies ini bisa ditemukan di seluruh dunia dan hidup mulai dari sekitar 200 ribu tahun yang lalu, dan masih hidup hingga saat ini.

Istilah Homo Sapiens sendiri mengacu pada ilmu pengetahuan, manusia modern dianggap spesies manusia purba yang paling pandai. Kapasitas otaknya yang cukup banyak membuat jenis manusia purba ini sangat pintar. Seperti yang kita lihat sekarang ini manusia modern seperti kita ini sudah bisa membuat berbagai peralatan modern untuk berbagai keperluan.

Ukuran tubuhnya seperti yang banyak kita lihat saat ini, yaitu memiliki tinggi rata-rata 150 cm sampai dengan 190 cm, dan rata-rata berat badannya 50 kg sampai dengan 100 kg. dan nama atau istilah Homo sapiens pertama kali diperkenalkan pada tahun 1758. --Gambar Manusia Purba


Itulah mengenai gambar manusia purba, semoga bermanfaat.


Incoming search terms:

manusia purba, manusia purba di dunia, manusia purba di indonesia, jenis manusia purba di dunia, sejarah manusia purba di dunia, pengertian manusia purba, manusia purba di luar indonesia, vidio manusia purba, homo sapiens, gambar manusia purba

No comments: