Gambar Peta Indonesia Lengkap

Gambar Peta Indonesia Lengkap. Berikut ini adalah beberapa gambar peta indonesia lengkap dengan peta interaktif dari Google Map.

Gambar Peta Indonesia Lengkap - Lokasi Geografis Indonesia


Indonesia adalah sebuah negara di kawasan Asia Tenggara yang sangat luas dengan jumlah pulau lebih dari 13.000 buah. Dan salah satu yang menarik tentang Indonesia adalah negara Indonesia ini dilewati oleh Garis Katulistiwa yang membentang mengitari bumi.

Indonesia terletak di kawasan Asia tenggara dan berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini di sebelah barat Papua, dengan negara Timor Leste di Pulau Timor, dengan negara Malaysia di Pulau Kalimantan. Luas wilayah Indonesia sekitar 1,904,569 km2 dengan 4,85% wilayahnya adalah perairan. Dengan demikian lengkaplah sebutan Indonesia sebagai negara maritim. --Gambar Peta Indonesia


Gambar Peta Indonesia - Kekayaan Alam


Dengan lokasi yang sebagian besar merupakan wilayah perairan ini membuat Indonesia sangat kaya akan hasil laut yang melimpah ruah. Dan tidak hanya itu saja, sejak jaman dahulu kala nenek moyang bangsa Indonesia sudah dikenal sebagai pelaut ulung yang tersohor ke seluruh dunia. Nenek moyang kita juga berdagang dengan menggunakan kapal layar ke berbagai daerah di Nusantara hingga ke negara-negara lainnya.

Tidak hanya hasil laut yang melimpah ruah, tapi yang tidak ketinggalan dan sampai dengan kini masih menjadi primadona adalah rempah-rempah asli dari Indonesia. Lokasi geografis Indonesia yang juga beriklim tropis membuat banyak sekali tanaman rempah-rempah yang tumbuh subur di Indonesia. Hal inilah yang membuat bangsa ini selalu menjadi incaran para penjajah pada masa lalu. --Gambar Peta Indonesia


Gambar Peta Indonesia - Pulau-pulau Besar 


Gambar Peta Indonesia - Dengan membentang sedemikian luas wilayah Indonesia secara umum seperti yang kita ketahui memiliki ribuan pulau dari mulai yang besar hingga yang paling kecil. Tepatnya jumlah pulau yang ada di Indonesia ini jumlahnya kurang lebih adalah 13.466 buah yang tersebar dari ujung timur ke ujung barat dan dari ujung utara sampai ujung selatan. Dari ribuan pulau yang ada tersebut ada beberapa pulau yang ukurannya paling besar.

Gambar Peta Indonesia - Lima Kepulauan Besar

Berikut ini adalah gambar peta Indonesia lengkap dengan 5 pulau besar utama yang ada di Indonesia:

1. Sumatera


Gambar Peta Indonesia - Sumatera
Gambar Peta Indonesia | Sumatera | image
Gambar Peta Indonesia - Sumatera. Pulau Sumatera merupakan salah satu dari lima pulau besar yang ada di Nusantara ini. Letaknya berada di ujung paling timur Indonesia. Bentuknya memanjang dengan besar lebih dari 400 ribu meter persegi.

Istilah nama Sumatera sendiri menurut beberapa ahli sejarah memiliki beberapa kemungkinan latar belakang yang berbeda-beda. Pada masa kerajaan dahulu pada beberapa bukti sejarah berupa prasasti, ada beberapa prasasti yang menyebutkan wilayah ini sebagai "Suwarnadwipa" yang memiliki makna "pulau emas". Namun ada juga beberapa prasasti juga yang menyebutkan daerah ini dengan istilah "Suwarnabhumi" yang memiliki makna "tanah emas".

Beberapa mengatakan bahwa nama ini bermula dari adanya sebuah kerajaan di kawasan ujung timur pulau tersebut yang bernama Kerajaan Samudera. kemudian seorang berkebangsaan Maroko yang memiliki nama Ibnu Batutah bertualang hingga ke daerah ini di sekitar tahun 1345. Karena ia seorang asing, ia menyebutkan kata Samudera tersebut dengan istilah "Samatrah". Berawala dari sinilah kemudian istilah Sumatera menjadi mulai dikenal dunia.

Tentu saja ada banyak sekali sebutan untuk Pulau Sumatera ini karena memang pada masa lalu belum ada sebutan yang pakem untuk pulau yang satu ini. Faktor lainnya adalah karena pada masa lalu wilayah ini masih dikuasai oleh beberapa kerajaan besar yang berbeda-beda dan belum bersatu.

Salah satu kerajaan besar yang lama berkuasa di Sumatera adalah Kerajaan sriwijaya. Kerajaan besar ini diperkirakan sudah ada dan menguasai Sumatera sejak awal abad ke-7. Kerajaan ini sangat besar sehingga wilayah kekuasaannya membentang sangat luas dari utara di sekitar kawasan negara Kamboja, hingga di selatan diperkirakan sampai ke wilayah Jawa Tengah. Ini ditandai dengan berdirinya Candi Borobudur, candi Buddha yang terbesar dan termegah di Indonesia. --Gambar Peta Indonesia


2. Kalimantan


Gambar Peta Indonesia - Kalimantan
Gambar Peta Indonesia | Kalimantan | image
Gambar Peta Indonesia - Kalimantan. Pulau Kalimantan merupakan salah satu dari 5 pulau besar yang ada di Indonesia. Lokasi dari pulau besar ini ada di bagian utara wilayah negara Indonesia yang berbatasan darat secara langsung dengan negara tetangga kita yaitu Malaysia.

Pulau besar yang satu ini memiliki alam yang sedikit berbeda karena banyak dari wilayahnya yang berupa hutan gambut. Dan satu lagi yang unik dari Kalimantan ini adalah banyak sekali sungai-sungai besar yang ada di sana.

Karena banyaknya sampai-sampai sungai menjadi salah satu transportasi utama di pulau ini. Banyak sekali daerah di Kalimantan yang menggunakan perahu dan kapal sebagai moda transportasi. Bahkan di beberapa tempat wilayahnya lebih banyak berupa perariran dan sungai daripada daratan.

Dari segi nama, ada beberapa pendapat mengenai asal nama Kalimantan. Memang mengenai nama masih banyak sekali pendapat yang berbeda-beda mengenai asal usulnya. Namun istilah nama sendiri, Kalimantan ini juga memiliki beberapa sebutan atau julukan lainnya. Misalnya yang paling populer adalah Borneo. Lalu ada juga yang menyebutkan dengan Nusa Kencana, Bakulapura, Pulau Banjar, Kalamanthana, Tanjung Negara, dan lain sebagainya.

Pulau Kalimantan sangat terkenal dengan suku Dayak yang merupakan salah satu suku asli di sana. Suku Dayak sendiri masih terbagi lagi menjadi beberapa suku. Salah satu yang unik dari Kalimantan adalah kebudayaan tradisional di beberapa daerah dimana banyak sekali aktifitas penduduk yang dilakukan di sungai, dari mulai transportasi sampai dengan pasar apung tradisional dimana para penjual dan pembelinya bertransaksi jual beli di sungai dengan menggunakan bantuan perahu tradisional. --Gambar Peta Indonesia


3. Jawa


Gambar Peta Indonesia - Jawa
Gambar Peta Indonesia | Jawa | image
Gambar Peta Indonesia - Jawa. Pulau Jawa merupakan salah satu dari lima pulau terbesari di Indonesia, yang juga merupakan pulau yang paling padat penduduknya. Hal ini tidaklah mengherankan karena melihat di salah satu propinsi Pulau Jawa inilah ibukota negara Indonesia ini berada. Ini yang membuat banyak sekali hal yang terfokus di pulau yang satu ini, dari mulai ekonomi, perdagangan, pendidikan, pembangunan, dan lain sebagainya.

Pulu Jawa seperti sebuah sentral atau pusat dari negara Indonesia. Karena letaknya yang cukup strategis di tengah-tengah wilayah negara Indonesia, dan oleh karenanya pada masa lalu banyak bangsa asing yang datang ke pulau Jawa. Kedatangan mereka dengan tujuan yang bervariasi mulai dari berdagang, menyebarkan agama, sampai dengan menjajah.

Ada banyak sumber sejarah mengenaiasal-usul nama Jawa. namun yang paling kuat adalah berdasarkan sumber dalam bahasa sanskerta. Ada sumber yang menyebutkan bahwa kata Jawa ini berasal mula dari istilah "yavadwvipa". Kata ini ditafsir terdiri dari dua buah kata yakni kata "yava" yang diyakini memiliki makna "biji-bijian" dan juga kata "dvipa" yang diyakini memiliki makna "pulau".

Pulau Jawa memang memiliki daya pikat tersendiri sejak jaman dahulu kala. Itulah mengapa banyak sekali kerajaan besar yang berdiri di Pulau Jawa ini. Salah satu kerajaan terbesar di sini adalah Kerajaan Mataram. Dan sengan banyaknya kerajaan terutama kerajaan besar yang memiliki pusat pemerintahan di Jawa ini membuar Jawa juga memiliki banyak sekali peninggalan bersejarah, seperti misalnya candi. Dan bahkan sampai dengan sekarang ini pun pulau Jawa tetap menjadi magnet bagi banyak orang. --Gambar Peta Indonesia


4. Sulawesi


Gambar Peta Indonesia - Sulawesi
Gambar Peta Indonesia | Sulawesi | image
Gambar Peta Indonesia - Sulawesi. Pulau besar di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Sulawesi. Letaknya tepat di sebelah timur Pulau Kalimantan. Seperti halnya beberapa pulau besar lainnya di Indonesia, pulau yang satu ini juga memiliki sebutan lain, dan diantaranya sebutan yang paling populer untuk pulai ini adalah "Celebes". Istilah ini banyak dipakai oleh bangsa asing untuk menyebut pulau ini. Sedangkan bengsa pertama yang menggunakan istilah ini yaitu bangsa Portugis yang diperkirakan telah datang ke pulau ini pada sekitar abad ke-14.

Sedangkan nama Pulau Sulawesi sendiri diperkirakan berasal dari penduduk lokal setempat. Para penduduk di sini seringkali menyebutkan istilah ini berasal dari bahasa setempat dan terdiri dari dua kata yaitu "sula" dan "mesi". Dalam bahasa penduduk setempat istilah "sula" memiliki makna "pulau", sedangkan istilah "mesi" sendiri memiliki makna "logam". Hal ini tidaklah mengherankan karena pulau Sulawesi yang memang sangat tersohor dengan hasil buminya yang berupa hasil tambang logam seperti besi.

Ada banyak sekali peninggalan nenek moyang berupa budaya dan tradisi yang sampai dengan saat ini masih ada dan dilestarikan di Sulawesi ini. Dari sisi kelautan misalnya ada yang namannya "Kapal Phinisi". Kapal Phinisi seperti yang kita ketahui merupakan satu jenis kapal layar yang sangat tangguh mengarungi samudra. Ketangguhannya telah tersohor sampai ke seluruh dunia.

Dan satu lagi yang terkenal dari Sulawesi adalah Suku Toraja yang merupakan salah satu suku asli di pulau ini. Suku ini sangat terkenal karena kebudayaan dan tradisinya yang sangat kuat dan masih terjaga hingga sekarang ini. Tradisinya yang cukup populer adalah pemakaman di atas tebing batu, dan juga rumah adat. --Gambar Peta Indonesia


5. Papua


Gambar Peta Indonesia - Papua
Gambar Peta Indonesia | Papua | image
Gambar Peta Indonesia - Papua. Pulau Papua merupakan salah satu dari lima pulau besar utama yang ada di negara Indonesia. Letak dari pulau yang satu ini berada di ujung sebelah barat wilayah Nusantara. Pososonya berbatasan darat dengan negara tetangga yakni Papua Nugini. Pulau ini juga merupakan salah satu pulau yang sangat kaya dengan sumber daya alam.

Alam papua yang masih sangat asri merupakan salah satu kekayaan yang tidak ternilai harganya. Topografi wilayahnya yang sebagian besar berupa pegunungan dan hutan alam yang masih liar menjadikan Papua sebagai pulau yang cukup sulit untuk dijangkau. Hutan di Papua masih sangat lebat, bahkan hutan di sini memiliki spesies satwa dan tumbuhan yang termasuk paling lengkap. Tidak hanya itu, banyak sekali satwa dan tumbuhan langka yang ada di kawasan hutan Papua.

Gunung-gunung di sini tinggi menjulang dan tidak jarang merupa gunung cadas. Bahkan salah satu puncak gunung tertinggi di dunia pun juga ada di sini yaitu Puncak Jaya di Pegunungan Jaya Wijaya dimana puncaknya selalu tertutup dengan es abadi.

Papua sangat terkenal dengan banyaknya suku-suku yang masih sangat memegang kuat adat dan tradisi leluhurnya. Selain itu yang salah satu kekayaan dari Papua adalah di bidang pariwisata. Karena kondisi alamnya yang masih belum banyak terjamah manusia, banyak sekali tempat-tempat wisata eksotis dan masih asri di pulau ini. --Gambar Peta Indonesia



Itulah sedikit mengenai beberapa pulau besar yang ada di Indonesia, semoga informasi gambar peta Indonesia lengkap di atas bermanfaat bagi anda.


Incoming search terms:

peta indonesia, peta indonesia terbaru, peta wilayah indonesia, peta universitas indonesia, peta persebaran islam di indonesia, peta masuknya islam ke indonesia, peta pulau indonesia, peta digital indonesia, peta indonesia lengkap, gambar peta indonesia

2 comments:

Indonesia said...

wah lengkap sekali gambar peta indonesia nya

Indonesia Info said...

Lengkap sekali gan, thanks sudah share ya :)