Gambar Drum Terpopuler

Gambar Drum. Berikut di bawah ini adalah gambar beberapa tipe drum yang paling populer di dunia, beserta penjelasan lengkapnya.


Gambar Drum


Drum adalah salah satu jenis alat musik yang cukup populer dan termasuk alat musik pengiring yang hampir selalu ada di setiap konser musik di manapun di dunia. Hampir setiap sekolah musik juga mempunyai jurusan khusus untuk alat musik drum. Dan yang pasti hampir semua grup band di dunia selalu memiliki drum sebagai salah satu alat musik pengiringnya.

Namun alat musik drum ini memiliki beberapa jenis atau tipe. Melihat dari bentuk, ukuran, dan jenis suaranya ada puluhan jenis drum yang ada di dunia. Ini karena banyak kebudayaan suatu bangsa memiliki alat musik perkusi seperti drum ini, dengan bentuk yang berbeda-beda namun dengan fungsi dan cara kerja yang sama. --Gambar Drum


Gambar Drum - Pengertian Drum


Dilihat dari bentuk gambar drum, suara, dan fungsinya, drum merupakan salah satu jenis dari alat musik perkusi. Yang dimaksud dengan drum yaitu jenis alat musik pukul yang berbentuk semacam tabung yang terbuat dari bahan logam atau kayu atau bahan lainnya. Pada salah satu atau kedua sisinya dilengkapi dengan selembar membran yang dipasang menutup sisi tabung dengan cara direntangkan.

Membran ini akan ditarik atau direntangkan kemudian dikunci pada sisi-sisinya. Membran bisa terbuat dari kulit ataupun bahan sintetis buatan lainnya. Tinggi rendah suara drum akan ditentukan oleh kencangnya bentangan membran, semakin kencang akan menghasilkan suara yang semakin nyaring. Pada masa lalu membran pada drum ini dibuat dari bahan alami yaitu kulit binatang yang telah dikeringkan. Namun seiring perkembangan jaman, sekarang ini telah banyak bermunculan alat musik drum yang membrannya dibuat dengan bahan-bahan sintetis atau buatan manusia.

Untuk menghasilkan suara, drum bisa dipukul pada bagian membrannya. Untuk tehnik memukul sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan tangan kosong atau dengan alat bantu. Alat bantu untuk memukul drum biasanya berupa tongkat kecil yang bisa terbuat dari kayu ataupun bahan lainnya. --Gambar Drum


Gambar Drum - Cara Bermain Drum


Untuk memainkan alat musik drum, bisa secara perorangan ataupun bisa juga secara berkelompok. Untuk beberapa jenis drum biasanya terdiri dari beberapa buah drum, walaupun ada juga beberapa jenis drum yang hanya berupa satu buah drum. Satu orang pemain drum bisa memainkan satu buah drum dengan jenis tertentu saja, tetapi ia bisa juga memainkan satu set penuh alat musik drum yang terdiri dari beberapa buah drum sekaligus dengan berbagai ukuran, bentuk, dan suara yang berbeda.

Untuk memainkan alat musik yang satu ini pemain drum membunyikan dengan cara memukul pada bagian membrannya. Dan sebagai alat bantu pukul biasanya akan menggunakan tongkat kecil. Tongkat kecil ini biasanya berjumlah dua buah yang setiap buahnya akan dipengang oleh masing-masing tangan kanan dan kiri. Dahulu tongkat pemukul drum biasa terbuat dari bahan kayu, namun sekarang ini telah banyak sekali pabrik yang membuat alat pemukul drum dari bahan sintetis. --Gambar Drum


Gambar Drum - Tipe Drum Terpopuler


Dari sekian banyak jenis drum, berikut ini ada beberapa tipe gambar drum yang banyak ditemui dan dimainkan :

     1. Kettledrum / Timpani


Kettledrum atau yang juga disebut dengan nama Timpani dalam Bahasa Indonesia memiliki nama Gendang atau Genderang. Kettledrum yaitu salah satu jenis alat musik perkusi yang berbentuk seperti mangkuk yang ukurannya sangat besar. Bagian bawah yang berbentuk seperti mangkuk ini biasanya terbuat dari bahan tembaga, atau ada juga yang terbuat dari bahan kayu.

Kemudian pada bagian atasnya terdapat selembar membran yang biasanya terbuat dari kulit binatang menutup seluruh permukaan mangkuk. Membran yang direntangkan dengan sangat kencang ini akan dipukul dengan menggunakan tongkat pemukul untuk menghasilkan suara.

Drum jenis Kettledrum  ini biasanya digunakan dalam sebuah konser musik ensambel seperti misalnya orkestra, marching band, atau konser musik lain yang menggunakan banyak alat musik instrumen. Dan seperti yang terlihat pada gambar Drum Timpani di samping, jenis drum ini juga bisa berjumlah beberapa buah dengan ukuran yang berbeda pada saat dimainkan. Dengan jumlah yang lebih dari satu ini tentunya akan menghasilkan bungi yang berbeda-beda..


     2. Side Drum / Snare Drum


Side Drum atau yang juga disebut dengan Snare Drum yaitu salah satu perangkat dalam sebuah set drum yang paling menonjol dalam penggunaannya. Hal ini dikarenakan sifat dari snare drum yang memiliki jenis suara yang paling nhyaring diantara jenis-jenis yang lainnhya. Bentuk dari Side Drum berupa sebuah tabung dengan dua sisi yaitu atas dan bawah yang diberi membran yang direntangkan dengan sangat kencang untuk menimbulkan suara yang nyaring.

Kata "Snare" di sini berarti senar, dimana pada alat musik Snare Drum atau Side Drum biasanya membran pada salah satu sisinya (biasanya bagian bawah) memiliki perangkat senar berbentuk jaring yang dibentangkan. Tujuan dari penggunaan senar ini adalah untuk mendapatkan resonansi suara yang sedik berbeda. Pada gambar drum jenis ini, senar sering kali terbuat dari bahan logam atau bahan sintetis buatan lainnya. Senar inilah yang biasanya sangat mempengaruhi jenis suara yang akan dihasilkan oleh snare drum.

Side Drum atau Snare Drum kebanyakan dipakai bersamaan dengan satu set drum sebagai pengiring, dan biasanya Side Drum berada di bagian tengah. Penggunaannya juga sering pada sebuah grup band, marching band, orkestra, parade atau karnaval musik, dan lain sebagainya. Dan untuk memainkannya digunakanlah sepasang stik atau tongkat kecil dari kayu. Namun juga tidak jarang kita menemukan para pemain musik drum yang memainkan jenis snare drum ini dengan hanya dipadukan bersama satu jenis drum lainnya atau bahkan dipakai beriringan hanya bersamaan dengan bass drum saja. Ini bisa terjadi pada permainan musik tertentu seperti misalnya musik akustik. Dan permainan seperti ini juga bisa disebut dengan Tap Drum.

Gambar Drum
Aneka Gambar Drum


     3. Tenor Drum


Tenor Drum seperti yang terlihat pada gambar drum, merupakan salah satu jenis dari alat musik perkusi drum yang bentuknya tidak beda jauh dari Side Drum atau Snare Drum. Yang membedakan dari keduanya adalah Tenor Drum tidak memiliki senar. Perbedaan besar ini membuat tenor drum memiliki jenis suara yang lebih tebal daripada snare drum.

Drum jenis ini juga biasanya memiliki nada suara yang sedikit lebih rendah daripada Snare Drum, dan lebih tinggi daripada Bass Drum. Ukuran dari drum jenis ini juga biasanya berbagai macam dan berbeda-beda. Pemakaian drum ini bisa dengan cara memainkan dan beberapa ukuran tenor drum yang berbeda sekaligus sehingga memunculkan permainan suara yang lebih ramai.

Pada pemakaiannya sering kali kita melihat drum jenis ini dimainkan bersama dalam satu set drum pada permainan sebuah band. Dalam hal ini penggunaannya bisa saja bersamaan dengan drum jenis lain yaitu snare drum, dan juga bass drum. Penggunaannya juga biasanya pada set drum seperti pada orkestra, marching band, dan lain sebagainya. Kita tentu juga sering melihat pawai dengan marching band yang anggotanya memainkan musik drum tenor ini.


     4. Bass Drum


Bass Drum adalah salah satu tipe alat musik perkusi yang berbentuk tabung dengan dua sisi. Kedua sisinya dilengkapi dengan membran sintetis buatan. Bass drum merupakan salah satu jenis drum yang mempunyai ukuran yang paling besar diantara jenis drum yang lainnya. Ukuran Bass Drum yang biasnya cukup besar membuat Bass Drum memiliki suara rendah yang sangat khas. Itulah mengapa drum jenis ini dinamakan dengan Bass Drum.

Bass Drum dimaninkan juga dengan memukulkan tongkat yang memiliki kepala bulat besar dan lembut pada ujung tongkat seperti terlihat pada gambar drum. Bass drum dalam set drum biasanya dilengkapi dengan sebuah pedal dengan stik pemukul pada bagian ujungnya. Dalam sebuah set drum biasanya Bass Drum berada di bawah, dan dimainkan dengan cara diinjak pedalnya. Dan walaupun ukuran Bass Drum sangat bervariasi namun tujuannya adalah untuk menghasilkan nada suara rendah.

Permainan bass drum biasanya akan sering kita temui dalam sebuah band musik. Pemain drum pada sebuah band seringkali menggunakan satu set alat musik drum ketika tampil. Dan di dalam satu set drum tersebut juga termasuk bass drum. Di sini bass drum biasanya berada di paling bawah atau diletakkan di lantai dimana pemain akan memainkan dengan cara menginjak pedalnya dengan kaki, sementara itu kedua tangan pemain akan memukul drum yang lainnya.


     5. Trap Drum


Gambar Drum - Trap Drum
Gambar Drum - Trap Drum (gambar: sfdrumco.com)
Trap Drum yaitu merupakan sebuah kombinasi antara satu atau beberapa buah Bass Drum yang dilengkapi dengan Simbal pada bagian atasnya, dan juga satu atau beberapa buah Snare Drum. Perangkat Bass Drum dilengkapi dengan pedal injak untuk memainkannya.

Di sini pemain drum akan memainkan Bass Drum dengan cara diinjak, sedangkan kedua tangannya memainkan Simbal dan juga Snare drum. Alat musik Trap Drum biasanya diaminkan pada beberapa jenis acara seperti misalnya pertunjukan teater, konser band, permainan band akustik, dan lain sebagainya.


Itulah beberapa tipe atau jenis drum yang paling sering digunakan. Semoga info tentang gambar drum di atas bermanfaat.



Incoming search terms :

kunci drum, belajar drum, permainan drum, drum band, games drum, game drum, drum elektrik, harga drum, harga drum set, gambar drum

No comments: